by

Bulan November NTP Sulbar Naik 0,04 Persen

-BERITA, Nasional-114 views

Kabarsulbar.com, Mamuju — Nilai Tukar Petani (NTP) di Provinsi Sulawesi Barat pada bulan November 2019, NTP Sulbar sebesar 112,68.

Hal itu menunjukkan NTP Sulbar mengalami kenaikan sebesar 0,04 persen pada bulan November dibandingkan NTP bulan oktober 2019, dan NTP Sulbar masih menempati urutan ke-dua di Indonesia.

“Untuk di sulawesi barat, di bulan november ini kalau kita liat angkanya adalah 112,68. Artinya apa, artinya angka ini masih diatas angka seratus, jadi petani masih ibaratnya, masih memiliki kelebihan” kata Win Rizal saat pres rilis dalam aula gedung kantor BPS Sulbar. Jl. RE Martadinata, Kec. Simboro, Kab. Mamuju Sulbar. Senin (02/12/19).

Naiknya NTP Sulbar dipengaruhi beberapa subsektor, yakni subsektor tanaman pangan (NTP-P) 102,59, Subsektor Hortikultura (NTP-H) 120,15; Subsektor Tanaman Perkebunan Rakyat (NTP-R) 118,96; Subsektor Peternakan (NTP-T) 108,17; dan Subsektor Perikanan (NTN) 107,41.

“Kalau dibandingkan dengan kondisi bulan lalu, naik 0,04 persen, dan saya garis bawahi angka NTP sulbar termasuk yang tertinggi secara nasional yaa, tertinggi kedua” lanjut Win Rizal selaku Kepala BPS Sulbar.

Untuk inflasi pedesaan di Prov. Sulbar, dari hasil pemantauan harga konsumen perdesaan menunjukkan terjadinya inflasi perdesaa pada November 2019 sebesar 0,44 persen.

Hal tersebut secara umum dipicu oleh indeks harga kelompok Bahan Makanan; Kelompok Makanan Jadi, Minuman, Rokok, dan Tembakau; Kelompok Perumahan serta Kelompok Transportasi dan Komunikasi yang mengalami peningkatan.

lnflasi di daerah perdesaan itu sendiri terjadi di 24 provinsi di Indonesia, tertinggi di Sulawesi Utara sebesar 1,12 persen, dan terendah di Jawa Barat sebesar 0,04 persen, dan 9 provinsi Iainnya mengalami deflasi. Sulawesi Barat sendiri menempati urutan ke-12 dari 24 provinsi yang mengalami Inflasi perdesaan.

“NTP Sulbar adalah salah satu proksi dari pada melihat tingkat kesejahteraan petani, banyak sebetulnya” ungkap dalam pres rilisnya.

Namun, untuk skala nasional, NTP Sulbar bulan November 2019 sebesar 104,10; naik sebesar 0,05 persen dibandingkan bulan Oktober 2019, dan mengalami Inflasi perdesaan sebesar 0,29 persen.

Nilai Tukar Petani (NTP) yang diperoleh dari perbandingan indeks harga yang diterima petani terhadap indeks harga yang dibayar petani, merupakan salah satu indikator untuk melihat tingkat kemampuan/daya beli petani.

NTP juga menunjukkan daya tukar (term of trade) dari produk pertanian dengan barang dan jasa yang dikonsumsi maupun untuk biaya produksi. Semakin tinggi NTP, secara relatif semakin kuat pula tingkat kemampuan/daya beli petani.(BH)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed