oleh

BPS Sulbar Gelar Workshop Wartawan 2019

-BERITA, NASIONAL-607 views

Kabarsulbar.com- Mamuju – Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Barat menggelar kegiatan workshop wartawan memahami indicator statistic di Provinsi Sulawesi Barat Tahun 2019.yang digelar di Grand maleo hotel mamuju, 09 Desember 2019.


Kepala Badan Pusat statistic Sulawesi barat Win Rizal Menyampaikan bahwa Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Barat secara rutin merilis indikatorindikator statistik makro di wilayah Provinsi Sulawesi Barat. Indikator tersebut meliputi perkembangan indeks harga konsumen, irnflasi, Nilai Tukar Petani (NTP), kondisi pariwisata dan transportasi, pertumbuhan ekonomi, kemiskinan, ketenagakerjaan, dan perindustrian. Indikator sosial ekonomi tersebut dapat digunakan untuk menggambarkan kondisi Provinsi Sulawesi Barat terkini secara umum.


Informasi indikator statistik Provinsi Sulawesi Barat sangat dibutuhkan oleh banyak kalangan. Pemerintah dan pelaku usaha membutuhkan informasi tersebut sebagai dasar merumuskan kebijakan yang tepat dalam menentukan arah pembangunan maupun menjalankan usahanya.

Selain itu. pelajar dan akademisi juga membutuhkan infomasi tersebut dalam membuat suatu penelitian atau karya tulis. informan ondiketor statistik tersebut telah secara rutin setiap bulan disebarluaskan oleh BPS Provinsi Sulawesi Barat melalui acara press rilis Berita Resmi Statistik (BRS) dengan mengundang wartawan media cetak, elektronik. dan online pada saat acara berlangsung.


“Diharapkan dengan mengundang wartawan. informasi indikator statistik terkini dapat tersampaikan kepada masyarakat luas melalui berita dan artikel yang ditulis atau diliput oleh wartawan Peran Bapak/lbu wartawan tidak hanya menulis atau meliput berita, tetapi lebih jauh sebagai corong informasi yang akan mengarahkan opini publik. Oleh karenanya pemahaman yang benar dalam menginterpretasikan indikator tersebut menjadi hal yang penting. Pemahaman yang benar dalam menginterpretasikan indikator tersebut menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam penyebarluasan informasi indikator statistik. Untuk itu, wartawan dituntut memahami setiap indikator yang akan menjadi sumber pemberitaannya. ”ucap kepala BPS Sulbar
Lebih lanjut Kepala BPS Sulbar.

Kegiatan workshop ini merupakan salah satu upaya kita semua dalam menyeragamkan pandangan dan pemahaman dalam menginterpretasikan indikator statistik. Diskusi dan saling bertukar wawasan selama kegiatan diharapkan dapat menjadi solusi dan jalan terang terhadap berbagai macam perbedaan pemahaman di antara wartawan. Kehadiran dan partisipasi aktif saudara sekalian memiliki arti yang sangat penting terutama dalam memahami setiap indikator statistik.


“Saya berharap pengetahuan dan pengalaman yang didapatkan dari kegiatan ini dapat diterapkan dalam setiap pembuatan berita. Materi yang disampaikan pembicara harus dapat dipahami dengan baik oleh setiap peserta sehingga dalam setiap pemberitaan data BPS dapat tersampaikan dengan benar. Tercapainya tujuan workshop ini sangat ditentukan oleh niat, tekad, dan kesungguhan kita semua. Untuk itu, saya mengajak kita semua agar bersungguh-sungguh dalam mengikuti workshop. “tandasnya.

Komentar

Update Terbaru