oleh

Anngota DPRD Sulbar, Pansus Pengarusutamaan Gender Berkunjung Ke Sulsel

Kabarsulbar.com, Sulbar — Sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar)  yang tergabung dalam Pansus Pengarusutamaan Gender bersama kalangan eksekutif Pemprov Sulbar melakukan kunjungan ke Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) baru-baru ini.

Rombongan Pansus Pengarusutamaan Gender DPRD Sulbar dipimpin Ketua Pansus, H Muh Jayadi, SAg.SH.MH dan wakilnya, Ir H Abidin. Turut hadir dalam kunjungan itu, Ketua DPRD Sulbar, Hj Sitti Suraidah Suhardi, serta anggota Pansus lainnya, yaitu H Abd Rahim, SAg. MH, H Taufiq Agus SH, Ir H Hamsah Sunuba, MKes, Drs H Itol Syaiful Tonra, MM, Ismiwati Ramlan, Muh Rizal Saal,SH, Hj Muthmainnah, M Yusri Nur, ST.MSi. M Dalif, H Arif Daeng Mattemmu, SE.MKes, Asisten III Pemprov Sulbar, Hj Jamila, serta Biro Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sulbar, Hj Darmawati Ansar.

Rombongan Pansus Pengarusutamaan Gender DPRD Provinsi Sulbar diterima langsung Asisten II Pemprov Sulsel mewakili gubernur Sulsel dan Sekretaris Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sulsel, dan sejumlah OPD lainnya lingkup Pemprov Sulsel.

Ketua Pansus Ranperda Pengarusutamaan Gender DPRD Sulbar, H Muh Jayadi, mengatakan, dipilihnya Sulsel sebagai tempat studi banding, karena Sulsel ini memiliki kompetensi yang sangat baik.

”Pemberdayaan perempuan di Sulsel sangat baik. Sejak Perda Pengarusutamaan Gender disahkan di Sulsel tahun 2016, maka Sulsel sudah berkali-kali mendapat penghargaan terhadap pelaksanaan pengarusutamaan gender di Sulsel. Sehingga Sulbar akan melakukan pembelajaran dari enam yang ada di Indonesia, maka Sulsel mendapatkan anugerah Prahita Ekapraya sehingga mendudukkan Sulsel menjadi mentor. Tujuan Perda ini mendorong perencanaan dan semua OPD untuk respon gender, maka rating Sulbar masih standar. Sehingga adanya Ranperda ke depan akan kita integrasikan dalam penganggarannya,” jelas Muh Jayadi.

Muh Jayadi mengatakan, nantinya proses Ranperda Pengarusutamaan Gender pada DPRD Sulbar akan dikawal secara maksimal. Sehingga setiap permasalahan yang dihadapi pada pengarusutamaan gender akan berjalan sesuai harapan masyarakat nantinya.

Sementara itu, Wakil Ketua Pansus, Ir H Abidin, mengatakan, dalam proses pembahasan Ranperda pengarusutamaan gender ini diharapkan adanya peran dari OPD terkait nantinya.

Juga, harus proaktif dalam mendampingi DPRD Provinsi Sulbar dalam menindaklanjuti pada proses pembahasannya tersebut. Karena ini juga menjadi hal penting terhadap proses pelaksanaannya dalam menentukan Ranperda ini ke depan, baik dari tata cara melaksanakannya. Sehingga nantinya mampu secara efektif pada masyarakat.

banner 728x90

Komentar

Update Terbaru