oleh

Dinas Kelautan dan Perikanan Mamuju Tengah Tingkatkan Produk Olahan Hasil Perikanan Melalui Kelompok Usaha Tatanan Baru Covid-19

-BERITA, DAERAH-131 views

Kabarsulbar.com-Mamuju Tengah. Pada hari Selasa 29 September 2020, Dinas Kelautan dan Perikanan melaksanakan kegiatan pengolahan hasil perikanan guna peningkatan produk olahan di tatanan baru COVID-19 saat ini. Kegiatan yang dilaksanakan di Desa Kambunong kecamatan Karossa Kabupaten Mamuju Tengah yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada Kelompok Usaha yang ada di Desa agar mampu meningkatkan kualitas pangan keluarga, juga mampu menyediakan menu makanan yang sehat serta bisa meningkatkan usaha ekonomi keluarga di era tatanan baru saat ini.

Kegiatan ini merupakan salah satu program inovasi Dinas Kelautan dan Perikanan dalam rangka meningkatkan produk olahan hasil perikanan melalui kelompok usaha.

Manfaat dari kegiatan ini selain bisa meningkatkan ketrampilan anggota kelompok usaha di Desa juga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya keluarga. Diharapkan dengan dilaksanakannya kegiatan ini peserta dapat meneruskan pengetahuan dan ketrampilan yang diperolehnya kepada masyarakat di lingkungan sekitar.

Acara dibuka oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mamuju Tengah. Ir. H. Amrullah, MM.Pub, menyatakan bahwa Potensi budidaya rumput laut dan ikan bandeng di Kab. Mamuju Tengah cukup besar khususunya di Desa Kambunong. Namun hasil panen kelompok –kelompok pembudidaya rumput laut dan ikan bandeng tersebut kadang mengecewakan karena harga jual yang sering berfluktuatif, hasil panen kedua komoditi dijual ke pedagang dalam bentuk kering dan segar yang belum melalui proses pengolahan.

Dengan melihat permasalahan yang menjadi keluhan kelompok-kelompok pembudidaya tersebut, maka Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Mamuju Tengah membuat terobosan atau inovasi sebagai salah satu solusi dari permasalahan yang dilakukan oleh kelompok-kelompok kedua pembudidaya komoditi tersebut. Inovasi yang sifatnya menfasilitasi dan menginspirasi kelompok-kelompok pengolah dan pemasar hasil perikanan, agar mereka mendapatkan nilai tambah dan hasil olahan di tatanan baru Pandemi Covid-19.

Kegiatan pelatihan ini materi diampu oleh narasumber langsung dari pihak Dinas Kelautan dan Perikanan yang menyampaikan materi terkait pemasaran dan pengolahan hasil perikanan serta praktek pengolahannya. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh perwakilan Kelompok pengolah dan pemasar, Ibu PKK, dan Dharma Wanita, yang berjumlah kurang lebih 30 orang, kegiatan utama dalam pelatihan ini yaitu pelatihan membuat inovasi olahan rumput laut dan ikan bandeng seperti kerupuk rumput laut dan ikan bandeng tanpa duri/tulang. Materi pelatihan diawali dengan pemaparan proses pembuatan kerupuk rumput laut. Narasumber menyampaikan bahan dan takaran yang diperlukan dalam pembuatan kerupuk rumput laut.

Selanjutnya narasumber menjelaskan cara proses mengolah ikan bandeng agar enak diproduksi tanpa adanya duri atau tulang. Olahan ragam menu ikan perlu dilakukan dalam rangka memasyarakatkan makan ikan, menghindari kebosanan mengkonsumsi ikan, serta yang paling penting adalah sebagai kebutuhan nutrisi dalam tubuh manusia.

Komentar

Update Terbaru