oleh

PT. Surya Raya Lestari 2 dan PT. Bhadra Sukses Menggelar Training Kader Posyandu Eksternal Binaan DI Momentum “HARI IBU NASIONAL” Secara Daring

Mateng.Kabarsulbar.com-Momentum “Hari Ibu” diperingati PT. Suryaraya Lestari 2 dan PT. Bhadra Sukses dengan menggelar Kegiatan Training Kader Posyandu Esternal Binaannya.

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 22 Desember 2020 itu dihadiri ibu-ibu pengurus Persatuan Isteri Karyawan Astra (PERISKA) unit PT. SRL 2 dan PT. BDS. Training kader posyandu binaan tersebut dipandu secara daring dari ruang meeting kantor induk PT. SRL 2 dan PT. BDS, Km 5 Desa Babana, Kecamatan Budong-budong Kab. Mamuju Tengah kepada kader posyandu binaan sebagai peserta yang tersebar di wilayah Mamuju Tengah. Di hari spesial itu, 60 kader posyandu eksternal dari 12 unit posyandu yang tersebar di 7 desa, 3 kecamatan dalam wilayah Kabupaten Mamuju Tengah dan 5 kader posyandu internal PT. SRL 2 dan PT. BDS antusias dalam mengikuti training kader meskipun melalui zoom wabinar.

Dalam acara pembukaan, M. Tugiran selaku Administratur PT. SRL dan PT. BDS kagum akan semangat dan peran serta ibu-ibu kader posyandu dalam mengikuti training kader yang meski dalam kondisi pandemi covid19 namun tidak menyurutkan semangat dari ibu-ibu kader dalam mengikuti kegiatan training kader melalui webinar.

“Saya sangat mengapresiasi ibu-ibu kader posyandu yang hari ini menunjukkan semangat dan antusiasnya dalam training kader posyandu tahun 2020. Ini menunjukkan bahwa ibu-ibu sebagai garda terdepan di wilayahnya masing-masing ingin maju dan berkembang dalam memberikan pelayananan kesehatan kepada masyarakat melalui kegiatan posyandu. Sikap dan keinginan maju itu, merupakan modal untuk menjadi kader yang profesional sehingga ilmu yang didapatkan dalam training ini nantinya dapat diaplikasikan di unit posyandu masing-masing”.

M. Tugiran juga berpesan agar dalam kegiatan ini semua tetap menerapkan 3M protokol kesehatan yakni; menjaga jarak (menghidari kerumunan), memakai masker, dan mencuci tangan pakai sabun sesering mungkin. Di akhir sambutannya, beliau tidak lupa menyampaikan ucapan Selamat Hari Ibu Tahun 2020.

Sementara itu, Silmi Nathar selaku CDO PT. SRL dan PT. BDS saat memberikan sambutan menuturkan bahwa kegiatan training kader posyandu eksternal binaan ini merupakan program CSR rutin bidang kesehatan yang dilaksanakan setiap tahun untuk memberikan penyegaran dan menggugah semangat kader-kader posyandu binaan dengan peningkatan aspek keilmuan terkait upaya peningkatan profesionalisme kader posyandu dalam pelayanan kesehatan masyarakat.

“Tahun ini di masa pandemi ini, tentu pelaksanaan training kader posyandu kita berbeda dari tahun sebelumnya. Kalau tahun sebelumnya secara tatap muka dalam ruangan, maka kali ini kita lakukan secara webinar atau daring (dalam aplikasi jaringan). Namun, meskipun hanya lewat jaringan, semoga ini tidak menghalangi tercapainya tujuan kami untuk memberikan kontribusi dalam bidang kesehatan kepada kader-kader posyandu eksternal binaan. Dengan demikian kami harap peserta training dapat mengefektifkan interaksi dengan nara sumber agar ibu-ibu kader mendapatkan ilmu dalam mengatasi masalah-masalah di posyandunya masing-masing”.

Hal senada juga dikemukakan oleh Andi Ibrahim selaku pelaksana Program Terpadu Pendidikan Masyarakat (PTPM) Astra Sehat bahwa kegiatan training kader posyandu ini merupakan salah satu program dalam Astra Sehat yang telah dilaksanakan dan sampai saat ini masih berjalan yaitu program pemberian bantuan insentif kader posyandu eksternal binaan dan bantuan dana Pemberian Makanan Tambahan (PMT) untuk kegiatan posyandu yang secara rutin diberikan setiap bulannya kepada Posyandu eskternal binaannya.

“Ini merupakan wujud komitmen dan kepedulian perusahaan dalam kontribusi ke publik melalui program-program yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. Bukan hanya kegiatan training kader posyandu, melainkan berbagai program telah dilakukan seperti pemberian insentif kader posyandu dan bantuan dana PMT yang diberikan secara rutin setiap bulan serta pendampingan dan pembinaan kader yang dilakukan secara kontinyu”. Ujarnya.

Narasumber training kader kali ini adalah ibu Hj. Nilmawiyah, S.ST.,M.M.Kes, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Mamuju Tengah. Dalam pemaparannya, Hj. Nilma, begitu sapaan beliau, menyampaikan dua materi yang sangat penting untuk para kader posyandu yakni; Peningkatan Mutu Pelayanan di Posyandu dan Implementasi STBM 5 Pilar dalam Pencegahan Stunting. Penyampaian materi tetap menggunakan teknik komunikasi dua arah antara narasumber dan peserta sehingga meski jarak jauh, training tetap berlangsung insteraktif, peserta dapat langsung bertanya dan berdiskusi terkait materi atau permasalahan seputar pengalaman kader yang terjadi di unit posyandu masing-masing.

Dalam kegiatan itu pula, ibu-ibu PERISKA PT. SRL2 dan PT. BDS berkesempatan memberikan materi dan praktik langsung Gerakan Masyarakat Sehat dengan Praktek Merangkai Buah dan pembuatan minuman herbal untuk pencegahan infeksi virus covid19. Diakhir kegiatan, dilakukan acara pemotongan Tumpeng dan kue Tar oleh ibu Administratur PT. SRL dan PT. BDS sebagai ungkapan rasa syukur di momentum “Hari IBU Nasional”.*** (AIT)

Komentar

Update Terbaru