oleh

Dirjen Dukcapil Kunjungi Mamuju Pasca Gempa dan Pastikan Pelayanan Tetap Siap

-BERITA, NASIONAL-254 views

Mamuju.Kabarsulbar.com- Pasca Gempa Bumi berkekuatan cukup besar mengguncang daerah Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat dalam 2 hari secara berturut-turut.

Gempa pertama terjadi pada hari Kamis (14/1/2021) pukul 14.45 WITA dengan kekuatan M 5,9. Gempa dengan kekuatan lebih besar kembali terjadi keesokan harinya, yakni pada Jumat (15/1/2021) dini hari pukul 02.28 WITA dengan kekuatan 6,2 Magnitudo.

Pastikan pelayanan tetap berjalan ditengah pengungsian, Direktorat Jendral Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian dalam Negeri, yang dipimpin langsung oleh Zakaria (Kasubdit Fasilitasi Pencatatan Kelahiran dan Kematian) bersama dua orang rekannya melakukan kunjungan di Kabupaten Mamuju guna memastikan kondisi Pelayanan Dukcapil tetap berjalan.

” Kami di tugaskan ke Mamuju Sulawesi Barat untuk memastikan kondisi pelayanan Dukcapil, kita mau pastikan prasarana, administrasi kependudukan dengan adanya pasca bencana ini tapi kondisi peralatan siap meskipun kantor ada kerusakan tetapi masih bisa untuk di benahi,” kata Zakaria, Selasa.19/01/22.

Kasubdit Fasilitasi Pencatatan Kelahiran dan Kematian itu, akan mengutamakan Penerbitan Akta Kematian bagi korban Gempa untuk segera di terbitkan, serta pihaknya bersama Disdukcapil Mamuju akan siap membantu bagi masyarakat yang Dokumen Kependudukanya hilang Pasca Gempa beberapa waktu lalu.

Di waktu yang sama, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Mamuju, Agung Pattola, sangat bersyukur dan sangat terbantu atas atensi dan perhatian dari Pemerintah Pusat melalui Kemendagri khususnya Dirjen Dukcapil yang telah membantu Disdukcapil Mamuju pasca Gempa.

“Alhamdulillah, kami sangat terbantu atas turunnya atensi dari Pemerintah pusat yang telah turun hari ini meninjau secara lanhsung kantor kami. mengenai peralatan, sudah dapat di fungsikan serta langkah-langkah apa yang akan kita lakukan untuk membantu masyarakat korban pasca Gempa seperti masyarakat yang hilang adminduknya seperti Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, ataupun KTP bisa kita layani, tapi untuk sementara waktu ini kami lagi melakukan persiapan karena personil kami juga masih trauma dan masih berpencar dalam pengungsian, dan biasanya memang selama tanggap darurat ini sambil persiapan kami juga akan melakujan pelayanan secara normal,” ucap Agung.

” kami yakin masyarakat akan cukup banyak kehilangan adminduknya terutama Ktp dan kami masih kekurangan Ribon atau tinta Ktp El yang memang kita harus pesan ke pusat dan alhamdulillah tadi kami di bawakan, tapi kami juga tidak mau setengah-setengah dalam pelayanan, jadi dalam seminggu ini menghimpun data dan bekerjasama dengan pihak terkait dan satgas penanganan Covid untuk data. Bagi warga yang hilang Ktp, KK, dan data kependudukan lainnya karena rumah roboh pasca gempa tanpa bermohon pun akan kami terbitkan dan gantikan,” Tutup Kadisdukcapil Mamuju.

Enda

Komentar

Update Terbaru