oleh

Wakil Bupati Mamuju Pimpin Breafing Pendataan Rumah Warga Pasca Gempa

-BERITA, NASIONAL-421 views

Mamuju.Kabarsulbar.com-Pasca Gempa Bumi berkekuatan cukup besar mengguncang daerah Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat dalam 2 hari secara berturut-turut.

Gempa pertama terjadi pada hari Kamis (14/1/2021) pukul 14.45 WITA dengan kekuatan M 5,9. Gempa dengan kekuatan lebih besar kembali terjadi keesokan harinya, yakni pada Jumat (15/1/2021) dini hari pukul 02.28 WITA dengan kekuatan 6,2 Magnitudo.

Pemerintah Daerah Kabupaten Mamuju yang di pimpin langsung oleh Wakil Bupati Mamuju, Irwan SP Pababari, bersama Dandim 1418/Mamuju Kolonel Inf.Tri Aji Sartono, Bernadus ( Direktur Pemulihan dan Peningkatan Fisik BNPB), serta seluruh Babinsa Kodim 1418/Mamuju, melaksanakan Brefing Pendataan Rumah warga rusak akibat Gempa Bumi yang di laksanakan di Aula Makodim 1418/Mamuju, Senin 25/01/21.

” Hari ini kita melaksanakan Breafing untuk menyelesaikan pendataan tentang dampak Gempa kepada warga yang rumahnya roboh dan kita klasifikasi rumah itu seperti rusak berat, sedang, dan ringan, itu dalam rangka untuk mengkafer pendataan rumah warga, dan batas waktu sebenarnya hari ini tapi kita beri toleransi sampai besok tanggal 26/01 pukul 10.00 wita, itu kerjasama antara Babinsa dengam para kepala Desa atau Lurah yang ada di wilayah masing-masing,” Kata Irwan.

Direktur Pemulihan dan Peningkatan Fisik BNPB, Bernadus, menjelaskan bahwa dasar penganggaran Rumah Warga yang roboh dari data yang ada dan akan ditetapkan oleh SK Bupati dengan Tiga Kriteria yaitu Parah, sedang, dan ringan.

” untuk proses pembayaran, itu nanti ada cara dan yang selama ini kami lakukan adalah melalui rekening, tapi sesuai dengan arahan kepala BNPB secepatnya kita klarifikasi datanya, nantinya kemungkinan besar akan diberi langsung sehingga masyarakat secepatnya keluar dari pengungsian,” Jelasnya.

Sementara itu, Dandim 1418/Mamuju, Kolonel Inf.Tri Aji Sartono, tetap mendukung dan mengarahkan seluruh Kemampuan dan kekuatan yang ada untuk membantu Pemerintah dalam membantu masyarakat yang terdampak Gempa.

” Kita turunkan Babinsa sebanyak Kuranfmg lebih 70 Orang sejak hari jumat kemarin untuk melalukan pendataan kepada rumah warga yang terdampak Gempa dan itu harus Singkron dengan data kepala Desa dan Lurah. Kepada masyarakat yang terdampak agar segera memasukkan data yang valid dan nyata dan nanti juga akan ada verifikasi dari Tim yang akan turun,”Tutup Dandim 1418/Mamuju.

Enda

banner 728x90

Komentar

Update Terbaru